RAPAT PERSIAPAN PELAPORAN CAPAIAN PELAKSANAAN AKSI HAM B09 TAHUN 2019

Telah dilihat 125 kali


Palembang - BAPPEDA Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 26 September 2019 mengadakan rapat Persiapan Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM B09 tahun 2019 bertempat di ruang rapat Parameswara Kantor BAPPEDA Provinsi Sumatera Selatan.

Rapat dihadiri oleh Perangkat Daerah terkait dari tingkat Provinsi dan juga Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan. Rapat di buka oleh Sekretaris BAPPEDA Provinsi Sumatera Selatan Ir. Hendrian, MT di dampingi Kassubbid Pemerintahan R.A Nurhayati, SE., MM dengan Narasumber Yulizar, SH selaku Kepala Bidang HAM dan Bulan Mahardika Subekti, SH., MH Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Sumatera Selatan.

Waktu Pelaporan Capaian Pelaksanaan aksi HAM B09 tahun 2019 akan dilaksanakan mulai tanggal 28 September 2019 sampai dengan 11 Oktober 2019. untuk Kabupaten/Kota terdapat 4 (Empat) aksi yang dilaporkan yaitu Harmonisasi rancangan produk hukum daerah untuk mendorong pemenuhan hak-hak perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan hak masyarakat adat, pengelolaan dan pemerataan distribusi (sebaran) jumlah guru di daerah, penyediaan ruang menyusui yang memadai bagi perempuan bekerja di perkantoran milik pemerintah daerah dan swasta, Pelayanan, penanganan, dan tindak lanjut pengaduan masyarakat terkait dengan hak perempuan, anak, penyandang disabilitas, Masyarakat adat dan konflik lahan, sementara untuk tingkat provinsi ditambah satu aksi yaitu Pemantauan dan penyelesaian perkara implementasi produk hukum daerah.

Pada kesempatan yang sama disampaikan juga hasil pelaporan capaian pelaksanaan aksi HAM B06 Tahun 2019, sebanyak 9 (Sembilan) dari 17 (tujuh belas) Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan yang berhasil meraih predikat TT (Target Tercapai) dengan indikasi warna hijau yaitu Kota Palembang, Lubuk Linggau, Kabupaten Muara enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Dengan dilakukannya rapat ini dharapkan pada pelaporan B09 yang akan datang semua Kabupaten/Kota dapat meraih predikat Target Tercapai dengan indikasi warna Hijau. (Bankum).