LOMBA KELUARGA SADAR HUKUM TINGKAT PROVINSI TAHUN 2019

Telah dilihat 121 kali


Palembang - Pada tanggal 23-25 September 2019 bertempat di BPSDM Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan lomba Keluarga Sadar Hukum (KADARKUM) Tingkat Provinsi Tahun 2019, lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Sumatera Selatan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. Permana serta diikuti oleh 12 (dua belas) dari 17 (tujuh belas) Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kota Palembang, Kabupaten Muara Enim, Lahat, OKU, OKU TImur, OKU Selatan, Musi Banyuasin, Banyu Asin, Ogan Ilir, PALI, Musi Rawas, Musi Rawas Utara.

Format lomba berupa tanya jawab dengan materi yang telah ditentukan sebelumnya yang dibagi kedalam tiga tahapan yaitu babak penyisihan, babak semi final dan final, selain tanya jawab ada juga penilaian terhadap yel-yel terbaik yang ditampilkan oleh masing-masing peserta.

Pada akhir lomba diperoleh masing-masing pemenang yaitu untuk juara pertama diraih oleh Kota Palembang, juara Kedua dan Ketiga secara berurutan diraih oleh Kabupaten OKU dan Kabupaten Muara enim serta untuk juara harapan I diraih oleh Kabupaten OKU Timur, adapun pemenang yel-yel terbaik diraih oleh Kabupaten Musi Banyuasin.

Sementara untuk Kabupaten PALI meskipun pada perlombaan ini belum mampu meraih hasil terbaik namun keikutsertaan pada perlombaan kali ini diharapkan selain dijadikan ajang eksistensi Kabupaten PALI juga nantinya dapat menambah wawasan serta kesadaran tentang hukum bukan hanya kepada para peserta itu sendiri namun lebih luas lagi kepada masyarakat di Kabupaten PALI, hal ini sejalan dengan tema kegiatan yaitu “Melalui Lomba Kadarkum Kita Tingkatkan Pemahaman Hukum Masyarakat Demi Terwujudnya Kesadaran Hukum Masyarakat”. (Bankum)